Pilihan bahasa

99 Asmaul Husna Beserta Artinya, Tafsir, dan Rahasia dibaliknya

99 asmaul husna

99 asmaul husna

Sahabat tentu kita sudah sering mendengar tentang apa itu 99 asmaul husna. Ya, secara harfiah, makna dari asmaul husna adalah nama-nama yang baik. Asmaul husna sendiri merujuk pada kumpulan nama, gelar, sebutan, dan juga sifat yang baik dari Allah SWT yang disampaikan dengan sangat indah. Namun, Al Qur’an juga menjelaskan tentang detail asmaul husna dan artinya, sebagaimana di sampaikan dalam salah satu surat, yakni Q.S Thaha ayat 8, yang artinya:

“Dialah Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan

Dia. Dia memiliki asmaul husna (nama-nama yang baik)” (QS Thaha: 8)

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa 99 asmaul husna adalah kumpulan pujian kepada Allah SWT yang telah menciptakan dunia serta isinya dan mengaturnya siang malam tanpa ada sekutu yang membantunya. Selain dari Al Qur’an, makna asmaul husna juga bisa dilihat dari kitab Bulughul Maram. Dalam kitab tersebut terdapat sebuah hadist dengan status muttafaqqun ‘alaih yang artinya,

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, barang siapa yang mengahshoinya, maka ia pasti masuk ke dalam surga” (HR Bukhari no. 2736, 7392, Muslim no. 6989)

Hadist tersebut tidak hanya menyebutkan jumlah dari asmaul husna Allah yang wajib diimani tetapi juga menyebutkan manfaat dari seseorang yang mengimani asmaul husna tersebut. Akan ada balasan yang baik untuk mereka yang mengimani nama-nama baik bagi Allah, yaitu akan mendapatkan tempat terbaik, yaitu surga di akhirat kelak.

Tafsir 99 asmaul husna

Terkait tafsir dari asmaul husna, para ulama sejak dulu telah banyak membahas mengenai hal yang satu ini. Mereka membahas banyak sumber serta mencari tafsir yang paling tepat untuk nama-nama Allah tersebut. Hal ini dikarenakan asmaul husna adalah nama yang di alamatkan kepada Allah SW, yaitu Dzat yang harus kita ibadahi dengan benar sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Nya.

Meskipun timbul beberapa perbedaan terkait tafsir yang dihasilkan, namun secara khusus kita tetap tidak boleh musyrik atau mempergunakan nama-nama asmaul husna tersebut untuk hal yang tidak diperbolehkan, misalnya untuk jimat atau hal klenik lainnya.

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya bahwa asmaul husna secara harfiah adalah nama, gelar, dan juga sebutan untuk Allah, maka ada konsekuensi keimanan dari kita yang mengaku sebagai umat Muslim. Dalam hal ini, para ulama berpendapat bahwa kebenaran akan 99 asmaul husna adalah konsistensi dari kebenaran yang lain. Dengan cara ini, maka seorang Muslim tentu tidak akan mengatakan, “Allah adalah….” karena tidak ada suatu apapun yang bisa disejajarkan dengan Allah. Dari konsep ini, juga dapat disimpulkan bahwa ke 99 nama tersebut adalah mewakili Allah secara utuh. Tentu, karena asmaul husna adalah bagian dari keimanan, maka tentu kita tidak boleh sekalipun untuk mempermainkannya.

Rahasia dibalik asmaul husna

Allah menciptakan segala sesuatu pasti dengan kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia sebagai wakil Allah, termasuk ada kegunaan di balik keagungan asma Allah yang tercantum dalam asmaul husna. Tentu, pujian yang disematkan untuk Allah tersebut tidak hanya berguna sebagai wujud kecintaan dan kepatuhan kita semata, tetapi juga akan memberikan manfaat lain yang kembali pada diri kita sendiri. Ada beberapa rahasia di balik asmaul husna yang sebaiknya kita pahami agar menjadi pemicu kenapa kita harus mengamalkan pujian ini kepada Allah SWT.

a) Berdoa dengan asmaul husna

Salah satu tuntunan dalam berdoa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah dengan menyertakan asmaul husna di dalamya. Kita sudah paham bahwa asmaul husna adalah pujian yang disukai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, menggunakan asmaul husna dapat dianggap sebagai salah satu cara untuk ‘menyenangkan’ Allah sehingga Dia akan menerima doa kita dengan ‘senang hati’. Selain itu, perlu juga diketahui bahwa membaca asmaul husna adalah sebuah ibadah. Berdoa dengan asmaul husna selain kita menyampaikan permintaan kita kepada Allah SWT, kita juga melakukan peribadatan yang Ia sukai.

b) Dzikir dengan asmaul husna

Selain dapat dimasukkan ke dalam salah satu bagian dari doa, asmaul husna juga bisa menjadi bagian dari dzikir kita. Ya, tentu kita pernah melihat beberapa taklim mengamalkan dzikir asmaul husna. Hal ini sangat bermanfaat karena dzikir yang dilakukan dapat menambah keimanan dan juga semakin mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Lantas, bagaimana dengan dzikir yang kita lakukan? Tentu saja, akan sangat afdol jika kita membaca asmaul husna dan artinya. Namun, membaca asmaul husna-nya saja pun di perbolehkan. Dalam hal ini, jika anda belum hafal ke-99 asmaul husna, maka kita bisa menggunakan catatan atau tulisan yang lain. Untuk diketahui, asmaul husna selalu di tulis pada halaman depan Al Qur’an.

Baca Juga  Doa Aqiqah Lengkap Arab Dengan Terjemahannya

c) Dapat membuka pintu rizki

Manfaat lain yang harus anda ketahui terkait asmaul husna adalah ia dapat menjadi lantaran dari pembuka pintu rizki anda. Tentu kita sudah tahu bahwa Allah-lah yang mengatur tentang rizki yang kita butuhkan di dunia ini. Dengan terus mendekatkan diri kepada Allah, tentu kita bisa mendapatkan rizki dengan lebih lapang dan kebutuhan kita senantiasa bisa terpenuhi dengan sangat baik. Oleh karena itu, dalam berdoa kepada Allah, alangkah lebih baiknya kita selalu berusaha untuk meminta pada kebaikan dan menyempatkan pujian kepadaNya sebagai tanda keimanan dan ketawadukan kita.

d) Menutrisi otak kanan dan kiri

Rahasia lainnya yang terkandung dalam 99 asmaul husna adalah bacaan tersebut mampu menutrisi otak kanan dan juga otak kiri dengan sangat baik. Hal ini tentu merupakan salah satu fakta yang sangat menarik dan bisa untuk kita amalkan. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa bacaan asmal husna mampu merangsang IQ dan juga EQ sehingga otak akan ternutrisi dengan lebih baik dan tentu kita akan menjadi semakin pandai karenanya. Namun, tentu saja, manfaat ini hanya akan di dapatkan jika kita mengamalkan bacaan ini setiap hari dengan teratur dan berkala.

Bacaan 99 asmaul husna dan artinya

Beberapa poin penting di atas menunjukkan beberapa detail dan juga manfaat yang terkandung dalam bacaan asmaul husna yang bisa meningkatkan keimanan dan juga memberikan manfaat lain pada kita. Namun, tentu saja, untuk menghafalkan 99 asmaul husna tersebut, kita membutuhkan beberapa waktu lamanya. Oleh karena itu, kami akan melampirkan bacaan 99 asmaul husna serta artinya di bawah ini yang bisa anda gunakan sebagai alat bantu untuk menghafalkan dan mengamalkannya.

NoNamaIndonesiaArab
AllahAllahالله
1Ar RahmanAllah Yang Maha Pengasihالرحمن
2Ar RahiimAllah Yang Maha Penyayangالرحيم
3Al MalikAllah Yang Maha Merajai (bisa diartikan Raja dari semua Raja)الملك
4Al QuddusAllah Yang Maha Suciالقدوس
5As SalaamAllah Yang Maha MemberiKesejahteraanالسلام
6Al Mu`minAllah Yang Maha Memberi Keamananالمؤمن
7Al MuhaiminAllah Yang Maha Mengaturالمهيمن
8Al `AziizAllah Yang Maha Perkasaالعزيز
9Al JabbarAllah Yang Memiliki MutlakKegagahanالجبار
10Al MutakabbirAllah Yang Maha Megah, YangMemiliki Kebesaranالمتكبر
11Al KhaliqAllah Yang Maha Penciptaالخالق
12Al Baari`Allah Yang Maha Melepaskan(Membuat, Membentuk,Menyeimbangkan)البارئ
13Al MushawwirAllah Yang Maha Membentuk Rupa(makhluknya)المصور
14Al GhaffaarAllah Yang Maha Pengampunالغفار
15Al QahhaarAllah Yang Maha Menundukkan / Menaklukkan Segala Sesuatuالقهار
16Al WahhaabAllah Yang Maha Pemberi Karuniaالوهاب
17Ar RazzaaqAllah Yang Maha Pemberi Rezekiالرزاق
18Al FattaahAllah Yang Maha Pembuka Rahmatالفتاح
19Al `AliimAllah Yang Maha Mengetahui(Memiliki Ilmu)العليم
20Al QaabidhAllah Yang Maha Menyempitkan(makhluknya)القابض
21Al BaasithAllah Yang Maha Melapangkan(makhluknya)الباسط
22Al KhaafidhAllah Yang Maha Merendahkan(makhluknya)الخافض
23Ar Raafi`Allah Yang Maha Meninggikan(makhluknya)الرافع
24Al Mu`izzAllah Yang Maha Memuliakan(makhluknya)المعز
25Al MudzilAllah Yang Maha Menghinakan(makhluknya)المذل
26Al Samii`Allah Yang Maha Mendengarالسميع
27Al BashiirAllah Yang Maha Melihatالبصير
28Al HakamAllah Yang Maha Menetapkanالحكم
29Al `AdlAllah Yang Maha Adilالعدل
30Al LathiifAllah Yang Maha Lembutاللطيف
31Al KhabiirAllah Yang Maha Mengenalالخبير
32Al HaliimAllah Yang Maha Penyantunالحليم
33Al `AzhiimAllah Yang Maha Agungالعظيم
34Al GhafuurAllah Yang Maha MemberiPengampunanالغفور
35As SyakuurAllah Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai)الشكور
36Al `AliyAllah Yang Maha Tinggiالعلى
37Al KabiirAllah Yang Maha Besarالكبير
38Al HafizhAllah Yang Maha Memeliharaالحفيظ
39Al MuqiitAllah Yang Maha Pemberi Kecukupanالمقيت
40Al HasiibAllah Yang Maha MembuatPerhitunganالحسيب
41Al JaliilAllah Yang Maha Luhurالجليل
42Al KariimAllah Yang Maha Pemurahالكريم
43Ar RaqiibAllah Yang Maha Mengawasiالرقيب
44Al MujiibAllah Yang Maha Mengabulkanالمجيب
45Al Waasi`Allah Yang Maha Luasالواسع
46Al HakimAllah Yang Maha Bijaksanaالحكيم
47Al WaduudAllah Yang Maha Mengasihiالودود
48Al MajiidAllah Yang Maha Muliaالمجيد
49Al Baa`itsAllah Yang Maha Membangkitkanالباعث
50As SyahiidAllah Yang Maha Menyaksikanالشهيد
51Al HaqqAllah Yang Maha Benarالحق
52Al WakiilAllah Yang Maha Memeliharaالوكيل
53Al QawiyyuAllah Yang Maha Kuatالقوى
54Al MatiinAllah Yang Maha Kokohالمتين
55Al WaliyyAllah Yang Maha Melindungiالولى
56Al HamiidAllah Yang Maha Terpujiالحميد
57Al MuhshiiAllah Yang Maha Mengalkulasi(Menghitung Segala Sesuatu)المحصى
58Al Mubdi`Allah Yang Maha Memulaiالمبدئ
59Al Mu`iidAllah Yang Maha MengembalikanKehidupanالمعيد
60Al MuhyiiAllah Yang Maha Menghidupkanالمحيى
61Al MumiituAllah Yang Maha Mematikanالمميت
62Al HayyuAllah Yang Maha Hidupالحي
63Al QayyuumAllah Yang Maha Mandiriالقيوم
64Al WaajidAllah Yang Maha Penemuالواجد
65Al MaajidAllah Yang Maha Muliaالماجد
66Al WahidAllah Yang Maha Tunggalالواحد
67Al AhadAllah Yang Maha Esaالاحد
68As ShamadAllah Yang Maha Dibutuhkan, TempatMemintaالصمد
69Al QaadirAllah Yang Maha Menentukan, MahaMenyeimbangkanالقادر
70Al MuqtadirAllah Yang Maha Berkuasaالمقتدر
71Al MuqaddimAllah Yang Maha Mendahulukanالمقدم
72Al Mu`akkhirAllah Yang Maha Mengakhirkanالمؤخر
73Al AwwalAllah Yang Maha Awalالأول
74Al AakhirAllah Yang Maha Akhirالأخر
75Az ZhaahirAllah Yang Maha Nyataالظاهر
76Al BaathinAllah Yang Maha Ghaibالباطن
77Al WaaliAllah Yang Maha Memerintahالوالي
78Al Muta`aaliiAllah Yang Maha Tinggiالمتعالي
79Al BarruAllah Yang Maha Penderma (MahaPemberi Kebajikan)البر
80At TawwaabAllah Yang Maha Penerima Tobatالتواب
81Al MuntaqimAllah Yang Maha Pemberi Balasanالمنتقم
82Al AfuwwAllah Yang Maha Pemaafالعفو
83Ar Ra`uufAllah Yang Maha Pengasuhالرؤوف
84Malikul MulkAllah Yang Maha Penguasa Kerajaan(Semesta)مالك الملك
85Dzul Jalaali WalIkraamAllah Yang Maha Pemilik Kebesarandan Kemuliaanذو الجلال و الإكرام
86Al MuqsithAllah Yang Maha Pemberi Keadilanالمقسط
87Al Jamii`Allah Yang Maha Mengumpulkanالجامع
88Al GhaniyyAllah Yang Maha Kayaالغنى
89Al MughniiAllah Yang Maha Pemberi Kekayaanالمغنى
90Al MaaniAllah Yang Maha Mencegahالمانع
91Ad DhaarAllah Yang Maha PenimpaKemudharatanالضار
92An Nafii`Allah Yang Maha Memberi Manfaatالنافع
93An NuurAllah Yang Maha Bercahaya(Menerangi, Memberi Cahaya)النور
94Al HaadiiAllah Yang Maha Pemberi Petunjukالهادئ
95Al Badii’Allah Yang Maha Pencipta Yang TiadaBandingannyaالبديع
96Al BaaqiiAllah Yang Maha Kekalالباقي
97Al WaaritsAllah Yang Maha Pewarisالوارث
98Ar RasyiidAllah Yang Maha Pandaiالرشيد
99As ShabuurAllah Yang Maha Sabarالصبور

Nah, demikian penjelasan mengenai asmaul husna dan artinya. Ada 99 asmaul husna bagi Allah yang sebaiknya anda tahu dan juga hafalkan. Amalkan nama-nama tersebut dalam dzikir dan doa dan dapatkan manfaat berupa tambahan keimanan darinya. Semoga bermanfaat.