Doa Aqiqah Lengkap Arab Dengan Terjemahannya

doa aqiqah

Sahabat pelajaranputih salah satu doa khusus dalam Islam adalah doa aqiqah atau yang biasa disebut akikah yang merupakan pengorbanan kambing atau domba saat 7 hari setelah kelahiran seorang anak. Pada hukum islam menjelaskan bahwa menyembelih tersebut merupakan ucapan bersyukur dari keluarga yang memiliki anak baru sehingga dapat membawa berkah dalam agama maupun tindakan. Pada akikah itu sendiri diharuskan menyembelih dua ekor hewan kurban bagi bayi laki – laki dan satu ekor hewan kurban bagi bayi perempuan yang lahir. Berikut ini doa Aqiqah yang perlu dilafadzkan pada anak yang baru lahir :

Tahapan Doa Aqiqah :

Doa Kelahiran Bayi

“INNII U’IIDZUKA BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMATI MIN KULLI SYAYTHAANIN WA HAAMMATIN WAMIN KULLI ‘AYNIN LAAMMATIN”

Artinya :

“Aku berlindung untuk anak ini, dengan kalimat Allah Yang Sempurna, dari segala gangguan syaitan serta gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya.” (HR. Bukhari)

Doa Ketika Menyembelih Hewan Kurban

“BISMILLAHI WA BILLAHI, ALLAHUMMA ‘AQIQATUN ‘AN FULAN BIN FULAN, LAHMUHA BILAHMINI WA’AZHMUHA BI’AZHMIHI. ALLAHUMMAJ’ALHA WIQAAN LIALI MUHAMMADIN ‘ALAYHI WA ALIHIS SALAM”

Baca Juga  Doa Iftitah : Bacaan, Arti dan Keutamaan Bagi yang Mengamalkan

Artinya :

“Dengan nama Allah serta dengan Allah, Aqiqah ini dari fulan bin fulan dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan Aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Muhammad SAW.”

Pada doa tersebut dikatakan fulan bin fulan untuk anak laki – laki sedangkan untuk anak perempuan diganti dengan funalah binti funalah (yang dimaksudkan adalah nama anak tersebut dan orangtuanya)

Doa Ketika Memberi Nama

“ALLAHUMMAJ ‘ALNA HAADZAL ISMI MUBAARAKAL LAHU FIIMAN KHAFAKA WATTAQAKA, WAJ ‘ALLAHU BIL WAALIDAINI IHSSAANA”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah nama ini memberi berkah baginya, menjadi anak yang taqwa kepada Allah serta dapat berbakti kepada ibu bapaknya.”

Lalu doa tersebut disambung dengan doa berikut ini :

“ALLAHUMMA THAWWIL ‘UMURAHU FII THAA ‘ATIKA ‘SHAHHIH AJSAADAHU, ALLAHUMMAJ ‘ALAHU ZA ‘IIMAN FI KABIRIHI, WA TSABBIT IMAANAHU ‘ALAA BALAA IK”

Artinya :

“Ya Allah, panjangkalah umurnya dalam mentaati agama Engkau, sehatkanlah tubuhnya. Jadikanlah dia sebagai pemimpin setelah dewasa dan tetapkanlah imannya menghadapi cobaab dunia serta akhirat”