Pilihan bahasa

Doa Bercermin dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

doa bercermin

doa bercermin

Sahabat pelajaranputih dalam agama islam hampir setiap aspek kehidupan selalu memiliki doanya tersendiri. Aktivitas seperti makan, minum, mandi, tidur hingga bercermin memiliki doa tersendiri. Hal ini bertujuan agar setiap umat muslim selalu mengingat Allah di setiap aktivitasnya. Tujuan dari doa-doa ini juga baik, yakni untuk mengucap syukur kepada Allah SWT dan memohon perlindungan dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Dewasa ini banyak sekali umat muslim yang tidak pernah membacakan doa bercermin saat hendak melihat cermin, berkaca atau berhias. Padahal umat muslim diwajibkan untuk membaca doa saat bercermin ini ketika akan bercermin atau berhias. Hal ini bertujuan agar dalam setiap aktivitas manusia, termasuk bercermin selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Doa ketika bercermin sendiri berisi doa ucapan syukur karena telah diberi rupa yang baik dan tak kurang satu apapun. Dengan melupakan doa ini berarti umat muslim telah menjadi sombong dan melupakan kuasa Allah yang telah memberikan rupa baik tanpa kurang satu apapun.

Doa Bercermin dan Artinya

doa bercermin

Doa bercermin dalam agama islam bunyinya seperti ini, “Allaahumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii“, doa ini memiliki arti “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku“. Doa bercermin ini harus selalu dibacakan setiap umat muslim hendak bercermin, berkaca atau berhias di depan cermin agar terhindar dari segala malapetaka dan penyakit hati.

Doa Nabi Yusuf saat Bercermin

Nabi Yusuf mengajarkan kita untuk untuk membaca doa setiap kali bercermin ataupun menghias diri, dengan seizin Allah doa ini dapat memancarkan aura kuat di diri kita sehingga terlihat lebih baik dan bersinar.

“Allahumma ‘alnii nuuru Yusufa ‘ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan”, yang memiliki artiYa Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta cinta kasih kepadaku”.

Dengan memanjatkan doa ini sebelum berhias dan bercermin maka ridho Allah SWT akan selalu menyertai umat muslim. Dan perlu diketahui jika kita selalu bersyukur kepada Allah SWT maka Allah pun akan selalu memberikan kelimpahan kepada kita dalam bentuk apapun. Oleh karena itu jangan pernah lupa untuk bersyukur karena dengan bersyukur hidup kita akan menjadi lebih baik dan serba berkecukupan. Bagi anda orang tua yang sudah memiliki putra putri maka ada baiknya untuk mengajarkan doa berkaca atau berhias ini pada anak anda agar kelak ia menjadi pribadi yang selalu bersyukur.

Baca Juga  Doa Sholat Dhuha : Bacaan, Pelaksanaan, dan Tata Cara

Selalu bersyukur Ketika bercermin

Selain membaca doa bercermin, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur ketika bercermin. Bersyukur atas semau anugerah yang telah diberikan Allah SWT. Dari wajah yang memang sudah Allah SWT anugerahkan kepada kita. Entah itu hidung yang pesek, hidung yang mancung, kulit putih, kulit hitam dan lainnya. Kita harus menerima apa yang sudah Allah SWT anugerahkan. Ini termasuk tanda bersyukur. Dalam doa saat bercermin pun, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur terus menerus. Tak hanya dari rupa yang harus kita syukuri tapi akhlak yang telah Allah SWT ajarkan kepada kita.

Jangan Sombong

Jangan pernah jadi pribadi yang sombong. Semua rupa yang Allah SWT berikan kepada kita, atas kehendaknya. Kita harus selalu membaca doa bercermin dan berpakaian setiap harinya. Ini menunjukan bahwa kita selalu rendah diri. Menerima semua hal yang diberikan oleh Allah SWT. Sadar bahwa hidup ini adalah anugerah dari Allah SWT.

Pahamilah doa bercermin dan artinya, sehingga kita bisa mengamalkan doa bercermin ini setiap harinya. Menjadi pribadi yang baik rupa dan akhlaknya. Yang selalu bersyukur atas semua anugerah yang diberikan Allah SWT.

Demikianlah informasi mengenai doa bercermin. Semoga informasi di atas bermanfaat.