Doa Ketika Hujan, Meminta Hujan, dan Setelah Hujan

Doa ketika hujan

Doa Ketika Hujan,

Sahabat pelajaranputih doa turun hujan ini merupakan doa khusus yang biasa dilafadzkan ketika menginginkan hujan turun. Hujan yang tidak turun secara berkepanjangan akan membawa musibah seperti kekeringan, bencana kelaparan, panas yang tidak terhindarikan, sampai munculnya banyak penyakit. Jika tidak ada hujan pada beberapa hari anda bisa melakukan sholat Istisqa untuk memohon turun hujan. Tidak hanya dari doa minta turun hujan saja tetapi ada doa ketika nantinya hujan sudah turun dan ketika hujan sudah berhenti. Doa yang merupakan permohonan dan ucapan syukur memang harus dilafadzkan.

Doa Meminta Hujan

Doa Meminta Hujan ke-1

“Allahumma aghitsnaa, Allahumma aghitsnaa, Allahumma aghitsnaa”(HR. Bukhari1/224 dan Muslim 2/613)

Artinya :

“Ya Allah! Berikanlah kami hujan. Ya Allah! Turunkan hujan pada kami. Ya Allah! Hujanilah kami.”

Doa Meminta Hujan ke-2

“Allahumma asqinaa ghoitsan, mughiitsan, marii-an, naafi’an Ghiro dhoorrin, ‘aajilan ghoiro aajilin”

(HR. Abu Dawud: 1/303, dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud: 1/216)

Artinya :

“Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda – tunda.”

Doa Meminta Hujan ke-3

“Allahumma Asqi ‘ibaadaka wabahaa-imaka wansyur rohmataka, wa ahyii baladakal mayyit”

Artinya :

“Ya Allah! Berilah kepada hamba hamba-Mu, hewan ternak, berilah rahmat-Mu dengan merata, dan suburkan bumi-Mu yang tandus.”

Baca Juga  Doa Iftitah : Bacaan, Arti dan Keutamaan Bagi yang Mengamalkan

Doa Meminta Hujan ke-4

Ada juga dia yang diambil dari Hadist Riwayat Abu Dawud atau Rasulullah ketika sholat Istisqa’ atau sholat minta hujan. Berikut ini adalah doanya :

“Laa ilaaha illaaLlah, yaf’alu maa yuriid. Allahumma AntaLlahu laa ilaaha illaa Antal Ghiniyyu wa nahnul fuqoroo-u, anzil ‘alainal ghoitsa waj’al maa anzalta lanaa quwwatan wabalaghon ilaa hiin”

Artinya :

“Tiada Tuhan kecuali Allah, Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Dikau adalah Allah, tiada Tuhan kecuali Dikau yang Maha Kaya sementara kami yang memerlukan. Maka turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang telah Dikau turunkan sebagai kekuatan bagi kami dan sebagai bekal di hari yang ditetapkan.”

Itu tadi adalah doa minta turun hujan yang sering dilafadzkan bersama saat sholat Istisqa’ minta hujan. Ada juga doa lain ketika hujan sudah mulai turun, tidak hanya sebagai ucapan syukur tetapi berharap hujan yang turun merupakan berkah yang berlipat bagi semua makhluk-Nya.

Doa Ketika Hujan / Doa Saat Hujan

Doa ketika hujan

Doa ketika hujan

“ALLOOHUMMA SHOYYIBAN NAAFI’AN” yang artinya : “Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan bermanfaat”

Dan ketika sudah selesai turun hujan anda dapat berdoa sebagai berikut :

Doa Ketika Hujan Deras

Doa ketika hujan

Doa Selesai Hujan / Doa Hujan Reda

“MUTHIRNAA BIFADLLILLAAHI WA ROHMATIHI” yang artinya : “Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya”

Doa ketika hujan memang sederhana dan jika anda ingin sekali memohon hujan turun anda bisa sholat Istisqa’ memohon agar segera diturunkan hujan. Apabila secara tulus dan ikhlas Insya Allah akan diberikan apa yang anda inginkan.