Pilihan bahasa

Doa Khatam Quran dan Hukum Doa Khatam Quran Dalam Islam

Doa Khatam Quran

Doa Khatam Quran

Sahabat pelajaranputih dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu mendapatkan suatu pencapaian yang harus untuk kita syukuri. Entah itu keberhasilan dalam melakukan suatu hal, pekerjaan atau apapun itu. Dalam agama Islam, kita memang dianjurkan untuk selalu bersyukur setelah berhasil melakukan sesuatu. Seperti halnya ketika kita selesai membaca Quran, banyak orang yang mensyukuri hal ini dengan membaca doa yang dianggap sebagai doa khatam Quran.

Doa merupakan salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah melimpahkan segala sesuatu untuk kita. Termasuk kelancaran bagi segala yang kita lakukan. Sehingga sangat penting membaca doa setelah melakukan sesuatu ataupun ketika akan memulai sesuatu. Termasuk ketika anda berhasil membaca Al Quran sampai selesai atau khatam. Hal ini juga tentu hal yang patut untuk anda syukuri bukan?

Banyak dari kita semua yang pasti sudah sering mendengar orang membaca doa setelah selesai mengkhatamkan Quran. Nah, disini kita akan membahas sekaligus menjelaskan tentang doa khatam Al Quran yang mana sering sekali kita dengar. Apakah ada tuntunan atau anjuran yang memang mengharuskan kita untuk membaca doa tersebut setelah khatam Quran.

Doa Khatam Quran Yang Kita Kenal

اللهم ارحمني بالقرآن, واجعله لي إماماً, ونوراً, وهدى ورحمةً, اللهم ذَكِّرْني منه ما نسيت, وعلّمني منه ما

جهلت, وارزقني تلاوته آناء الليل, واجعله لي حجة يا رب العالمين

Ya Allah sayangilah aku dengan sebab Al Qur’an dan jadikanlah Al Qur’an untukku sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku akan ayat-ayat al Qur’an yang kulupa, ajarilah aku tentang isi Al Qur’an yang tidak aku ketahui dan berilah aku nikmat bisa membacanya di waktu malam. Jadikanlah Al Qur’an sebagai membelaku wa tuhan semesta alam.

Ini merupakan bacaan doa khatam Quran yang sudah cukup familiar dan dikenal kalangan masyarakat. Sehingga setiap kali selesai mengkhatamkan Al Quran maka sudah menjadi hal biasa untuk membaca doa khatam Al Quran ini. Namun, sebagai seorang muslim kita tentu juga wajib mengetahui bagaimana tuntunan atau anjuran mengenai doa yang dibaca setelah khatam Quran ini.

Hampir sebagian besar kalangan masyarakat, menjadikan doa diatas sebagai doa yang bahkan tidak afdol rasanya jika tidak dibaca setelah selesai khatam Al Quran. Doa tersebut telah diyakini sebagai doa khatam Al Quran yang wajib untuk dibaca. Disini akan dibahas bagaimana hukum dari doa yang dibaca setelah khatam Al Quran ini.

Baca Juga  Doa Tahlil Lengkap Arab, Latin, Dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Hukum Membaca Doa Khatam Quran

Syekh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin ditanya tentang hukum membaca doa khatam Quran ketika shalat malam di bulan Ramadan. Beliau menjawab, “Saya tidak mengetahui adanya hadis dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menganjurkan membaca doa khatam Quran ketika shalat malam di bulan Ramadan, tidak pula riwayat dari sahabat. Riwayat yang ada hanyalah riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa apabila beliau mengkhatamkan Alquran, beliau mengumpulkan keluarganya dan berdoa; ini dilakukan di luar shalat.” (Fatwa Arkan Al-Islam, hlm. 354)

Melalui hadist atau dalil ini dijelaskan, bahwa hukum mengenai membaca doa khatam Al Quran adalah tidak ada dasarnya. Dengan kata lain tidak ditemukan atau tidak ada dalil dari hadist Nabi yang mana merujuk kepada anjuran atau tuntunan untuk membaca doa setelah khatam Al Quran. Tidak ada juga riwayat dari para sahabat ataupun ulama besar yang menjelaskan tentang bacaan doa khatam tersebut.

Selain itu berdasarkan riwayat dari Anas bin Malik yang mana setelah mengkhatamkan Quran, beliau kemudian mengumpulkan keluarganya dan kemudian berdoa. Hal ini dilakukan diluar sholat. Karena bacaan doa khatam tersebut ada kemungkinan dilakukan diluar ataupun ketika sholat.Namun bacaan doa setelah khatam Quran Anas bin Malik ini tidak sama dengan bacaan doa khatam yang selama ini dikenal di kalangan masyarakat muslim.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa doa yang dibaca setelah khatam Al Quran ini bukanlah riwayat yang sahih. Dengan kata lain, tidak ditemukan dalam dalil yang sahih mengenai bacaan doa khatam ini. Hal itu berarti tidak ada anjuran atau perintah yang mengatakan bahwa jika khatam Quran, kita diharuskan membaca doa tersebut. Doa yang dianggap berasal dari riwayat Nabi ini tidak lah benar atau tidak berdasar.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada doa yang dikhususkan sebagai doa khatam Quran. Bila pun setelah khatam Quran kita memanjatkan doa, maka tidak merujuk pada satu doa saja. Jadi membaca doa yang selama ini kita tau sebagai doa khatam tidaklah wajib ya. Karena tidak ada dalam dalil sahihnya.