Doa Mandi Wajib dan Doa Bersetubuh dalam Agama Islam

Doa Mandi Wajib

Doa Mandi Wajib

Sahabat pelajaranputih mandi wajib atau junub adalah sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat muslim karena berhadats besar. Hadats besar ini disebabkan oleh bersetubuh, keluar mani yang disebabkan oleh bersetubuh, mimpi basah atau sebab lainnya, mati dalam keadaan tidak mati syahid, setelah bersalin dan selesai haid atau menstruasi. Mandi wajib sangat diperlukan karena tanpa melakukan mandi wajib sholat anda tidak akan diterima dengan sah.

Doa Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib / Niat Mandi Junub / Niat Mandi Besar

Doa Mandi Wajib

Doa Mandi Wajib

Melakukan mandi wajib ada tata cara yang harus dilakukan oleh semua umat muslim. Yang pertama adalah membacakan niat mandi wajib. Jika hadats besar disebabkan oleh mimpi basah, bersetubuh atau keluarnya air mani maka niat mandi besarnya adalah “BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA”, yang memiliki makna “Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Jika disebabkan oleh menstruasi maka niat mandinya adalah “BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA” yang memiliki makna “Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Baca Juga  Doa Ketika Hujan, Meminta Hujan, dan Setelah Hujan

Jika disebabkan oleh nifas atau bersalin maka bacaan niatnya adalah “BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA” yang memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Doa Bersetubuh / Doa Jima

Saat sebelum bersetubuh dengan pasangan maka wajib membacakan doa ini terlebih dahulu, “BISMILLAAHI ALLAAHUMMA JAANIBNA SYSYAITHAANA WAJAANIBI SYSYAITHAANA MAA RAZAQTANAA”. Doa ini memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari campur tangan syaitan dan jauhkan pula syaitan dari apa-apa yang Engkau karuniakan kepada kami”.

Tata Cara Mandi Wajib

Doa Mandi Wajib

Doa Mandi Wajib

Adapun tata cara dalam melakukan mandi besar atau junub adalah sebagai berikut ini. Pertama bacakan niat sesuai dengan keadaan yang sedang dialami. Lalu cuci telapak tangan sebanyak 3 kali dan dilanjut dengan mencuci kemaluan dengan menggunakan tangan kiri. Setelah itu cuci bersih tangan anda dengan menggunakan sabun. Lalu lanjutkan dengan berwudhu seperti akan sholat. Setelah itu siram kepala sebanyak 3 kali dari ujung hingga pangkal rambut. Kemudian cuci kepala bagian kanan dan lanjutkan dengan mencuci kepala bagian kiri. Silang-silangkan rambut dengan menggunakan jari. Lalu siramkan air dari bagian sisi kanan ke sisi kiri.

Itulah pembahasan tentang doa mandi wajib semoga berguna bagi pembaca.