Pilihan bahasa

Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid Serta Keutamaannya

doa masuk masjid

doa masuk masjid

Sahabat pelajaranputih disetiap aktivitas kita sehari-hari kita diwajibkan untuk selalu membaca doa khususnya dalam beribadah. Dalam beribadah pun harus diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah membaca doa masuk dan keluar masjid. Membaca doa saat masuk dan keluar memiliki fadhilah atau keutamaan bagi para pembacanya saat beribadah di masjid. Hal ini adalah sunnah rosul sebagai bentuk tauladan bagi umatnya.

Doa masuk masjid dan keutamaannya

Memasuki masjid untuk melakukan ibadah akan sangat lengkap jika diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ibadah kita dapat berjalan dengan lancar, khusyuk, dan terhindar dari gangguan syaitan. Selain itu membaca doa sebelum masuk masjid juga agar senantiasa Allah melipatgandakan pahala bagi para pembacanya dalam beribadah. Berikut bunyi doa masuk masjid:

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya :Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu

Doa diatas adalah contoh doa yang sering kali dilakukan Rasulullah dalam beribadah saat memasuki masjid. Selain itu, Rasululah pun juga seringkali membaca doa menuju masjid, yaitu:

اَللهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya : Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya

Hikmah dari membaca doa menuju masjid adalah bahwa kita akan diberikan ketenangan dan keselamatan dalam perjalanan menuju masjid serta pahala yang berlimpah. Dalam berdoa pun kita juga harus ikhlas dan niat pada Allah dengan sungguh-sungguh. Ada beberapa macam doa dan tata cara masuk masjid diantaranya adalah doa masuk masjidil haram, doa masuk masjid nabawi dan doa masuk masjid sesuai sunnah.

Membaca doa keluar masjid

Dalam membaca doa masuk dan keluar masjid ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa akan lebih utama saat membaca doa masuk masjid diawali dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu dan kaki kiri saat keluar. Hal ini lebih mengutamakan kanan terlebih dahulu sebagai wujud kebaikan untuk permulaan dalam melakukan sebuah aktivitas dan kiri untuk mengakhirinya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap awal dan akhir aktivitas harus dengan menyebut atas nama Allah. Adapun tata cara berdoa keluar masjid adalah melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu dengan berdoa sebagai berikut yang artinya:

Baca Juga  Doa Sholat Dhuha : Bacaan, Pelaksanaan, dan Tata Cara

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”

Adab membaca doa masuk masjidil haram

Membaca doa masuk masjidil haram memiliki banyak versi bacaan. Selain itu, ada tata cara atau adab dalam membacanya. Salah satu bacaan doa masuk masjidil haram adalah

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ.

Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan daripadaMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah salawat dan salam untuk Rasulullah.

Tata cara ketika masuk masjidil haram sebenarnya sama dengan memasuki masuk masjid pada umumnya. Diantara tata caranya adalah bahwa kita harus mengenakan pakaian yang bersih dan suci. Kedua, kita harus bersikap tenang dan sopan. Ketiga, menyegerakan waktu menuju masjid saat waktu sholat tiba. Diantara tata cara tersebut, merupakan hal yang dianjurkan bagi umat islam untuk senantiasa beradab dalam beribadah.

Membaca doa masuk dan keluar masjid haruslah dilakukan dengan baik dan dalam keadaan penuh berserah kepada Allah. Begitu juga dengan doa masuk masjid nabawi. Masjid nabawi adalah masjid yang dibangun pertama kali oleh nabi Muhammad. Masjid ini terletak di kota madinah. Masjid ini menjadi berkembang pesat dari segi bangunan dan pemeliharaannya serta dikunjungi oleh banyak umat islam dari mancanegara saat haji tiba. Berdoa saat masuk masjid nabawi juga merupakan hal sunnah agar senantiasa ibadah umat islam mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad saw.

Selain itu, ada beberapa keterangan mengenai doa masuk masjid sesuai sunnah. Diantaranya adalah bahwa umat islam harus menjalankan segala aktivitas ibadah sesuai dengan syariat islam. Lalu, kita harus niat dalam hati karena Allah bukan karena hal lain. Selain itu, saat berjalan hendak menuju masjid kita harus bersikap sopan dan rendah hati bukan bersikap dan berniat kepada selain Allah seperti pamer dihadapan orang lain agar mendapatkan pujian. Hal demikian merupakan adab doa masuk dan keluar masjid sesuai sunnah.