Doa Pernikahan Dalam Islam dan Terjemahan Indonesianya

Doa Pernikahan

Doa Pernikahan

Sahabat pelajaranputih menikah adalah sesuatu yang sakral dan sangat dinanti-nanti oleh banyak orang. Pernikahan yang langgeng dan sesuai dengan syariat islam adalah idaman bagi banyak orang. Oleh karena itu di dalam pernikahan haruslah diisi dengan hal-hal positif. Hal positif tersebut bisa berbentuk doa yang dipanjatkan oleh si pengantin, keluarga atau kerabat yang menjadi tamu undangan. Dengan adanya doa yang banyak ini maka insyaAllah pernikahan akan menjadi sesuatu yang baik untuk ke depannya.

Dalam islam rumah tangga yang baik haruslah rumah tangga yang terbentuk dari ikatan kasih sayang yang diliputi oleh sakinah, mawaddah dan rahmah. Arti dari ketiganya adalah ketentraman jiwa, rasa cinta dan kasih sayang.

Doa Pernikahan dan Terjemahannya

Saat menghadiri sebuah pernikahan maka ucapan doa untuk mempelai atau pasangan pengantin adalah sebagai berikut, “Barakallahu lakum wa Baraka ‘Alaiykum”, arti dari doa ini adalah “Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan”. Doa atau ucapan inilah yang diucapkan oleh Nabi Muhammad ketika menghadiri sebuah pesta pernikahan dari sahabatnya. Hingga kini ucapan inilah yang dipakai tiap memberi ucapan selamat pada mempelai yang sedang menikah.

Baca Juga  99 Asmaul Husna Beserta Artinya, Tafsir, dan Rahasia dibaliknya

Doa Pernikahan

Selain ucapan di atas masih ada hadits dari Abu Hurairah yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad mengucapkan doa “Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir” kepada sahabatnya ketika beliau mendatangi pesta pernikahan sahabatnya ini. Arti dari doa ini adalah “Mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan Dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan”.

Dengan mengucapkan doa seperti di atas kita secara langsung mendoakan pasangan mempelai tersebut agar dapat membangun keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Keluarga ini adalah keluarga yang disayangi oleh Allah SWT karena dengan semakin banyaknya keluarga islam yang seperti ini maka umat muslim juga akan menjadi lebih kuat lagi persatuannya.

Demikianlah informasi mengenai doa pernikahan yang biasa diucapkan kepada mempelai yang tengah berbahagia. Semoga informasi di atas dapat menambah keimanan anda kepada Allah SWT.