Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Beserta Tata Caranya

Doa sebelum belajar

Doa sebelum belajar

Sahabat pelajaranputih doa sebelum belajar dan sesudah belajar dilakukan untuk mendapatkan kemudahan dalam menerima dan memahami pelajaran yang mereka hadapi. Tujuan ini semata-mata untuk mengharap ridho dari Allah dan mendapatkan keberkahan untuk kemudian hari. Ada berbagai macam doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa diamalkan bagi para pembelajar. Hal ini dimaksudkan untuk tetap berperilaku dan beradap dalam melakukan setiap kegiatan khususnya belajar.

Tata cara melaksanakan doa sebelum belajar dan sesudah belajar

Adab yang pertama untuk berdoa sebelum belajar adalah dengan mengambil air wudhu terlebih dahulu. Air wudhu sangat dianjurkan untuk menjernihkan fikiran agar mudah dalam belajar beserta pemahamannya. Rasulullah selalu menganjurkan hal ini karena dengan air wudhu dapat mengusir segala bentuk kemalasan yang disebabkan oleh syaitan. Setelah itu, disunnahkan untuk menghadap arah kiblat saat belajar. Lalu berdoa dengan doa:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

Doa tersebut merupakan salah satu doa yang sangat terkenal dan menjadi adab yang biasanya disampaikan oleh guru sebelum memulai sebuah pelajaran. Tentu saja, dengan mengamalkan doa sebelum belajar ini, diharapkan bahwa pelajaran atau materi apa saja yang hendak dipelajari dapat dicerna dengan baik sehingga pengetahuan menjadi bertambah banyak.

Nah, doa mau belajar sebaiknya diamalkan setiap kali kita mau memulai pelajaran dimanapun.

Lalu, bagaimana dengan doa sesudah belajar? Dalam pembahasan doa sebelum dan sesudah belajar, tentu saja doa ketika selesai belajar juga harus di amalkan. Dalam hal ini, adapun doa yang sebaiknya dibaca setelah menyelesaikan pelajaran yang dipelajari adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

Selain itu, ada pula doa setelah belajar lainnya yang juga bisa diamalkan setiap kali anda menyudahi materi yang diberikan, seperti

Baca Juga  Doa Khatam Quran dan Hukum Doa Khatam Quran Dalam Islam

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.

Tentu saja, demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari proses belajar yang dikerjakan, maka baik doa sebelum maupun sesudah belajar, wajib untuk diamalkan setiap hari.

Keutamaan menuntut ilmu

Dari beberapa penjelasan mengenai doa sebelum belajar dan artinya sebagaimana dijelaskan di atas, kita dapat melihat suatu kesimpulan lain. Kesimpulan lain dari penjelasan tersebut yaitu pentingnya menuntut ilmu. Perlu diketahui bahwa ada beberapa keutamaan dari kegiatan menuntut ilmu baik di sekolah maupun lainnya, terutama ilmu agama. Adapun keutamaan dari menuntut ilmu adalah ilmu membawa seseorang lebih mengerti tentang hakikat Allah SWT. Seorang penuntut ilmu yang baik akan menyadari bahwa Allah SWT adalah kekuatan terbesar dan ilmu menuntun mereka untuk mengakuinya. Hal ini seperti firman Allah SWT,

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28).

Keutamaan lain dari kegiatan menuntut ilmu adalah seseorang dapat membedakan mana kebaikan dan keburukan dengan lebih baik. Ilmu juga merupakan salah satu amal jariyah. Maksud dari amal jariyah adalah ilmu bermanfaat yang dicari dan diajarkan akan memberikan manfaat dan pahala bahkan ketika si penuntut ilmu sudah meninggal.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW, yakni

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631)

Tentu saja, manfaat ini harus diawali dengan sebuah doa sebelum belajar terlebih dahulu.

Demikian pembahasan mengenai doa sebelum dan sesudah belajar di sekolah. Amalkan doa sebelum dan sesudah belajar tersebut agar ilmu yang dipelajari menjadi lebih bermanfaat.