Sholat Hajat : Pengertian, Doa, dan Anjurannya Dalam Agama Islam

Sholat Hajat

Sholat Hajat

Sahabat pelajaranputih sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika kita memiliki hajat kepada Allah SWT. Melalui sholat ini, hajat yang telah tersimpan diharapkan bisa segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Tentu saja, ada dalil mengenai perintah untuk melaksanakan sholat untuk memenui  hajat ketika memiliki keinginan. Dalil dari sholat hajat ini adalah hadist Nabi SAW yang berbunyi,

ثُمَّ يَسْأَلُ اللَّهَ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ مَا شَاءَ فَإِنَّهُ يُقَدَّرُ

Artinya: “Kemudian ia meminta pada Allah urusan dunia dan akhiratnya, maka ia akan ditetapkan.” (dalam riwayat Ibnu Majah)

Selain itu, dalam ensiklopedia fiqih, para ulama juga sepakat bahwa sholat hajat dihukumi sunnah dan akan sangat baik jika dilaksanakan.

Tata Cara dan Pelaksanaan sholat hajat

Sebelum kita membahas tentang bagaimana doa sholat hajat, tentu saja baiknya kita mengetahui bagaimana pelaksanaan sholat dalam memenui hajat tersebut. Sebagaimana sholat sunnah pada umumnya, sholat untuk memenuhi hajat pun dilakukan dengan dua rakaat dan tidak ada cara khusus yang dilakukan untuk melaksanakannya. Pendapat ini menjadi pendapat mayoritas dari empat madzab yang berbeda.

Selain itu, untuk pelaksanaannya pun tidak ada waktu khusus. Hal ini berarti bahwa kita boleh melakukan sholat hajat di sembarang waktu yang tidak terkait dengan ibadah lainnya. Tentu, ketika dalam keadaan sunyi dan konsentrasi, maka sholat ini akan lebih terasa berbeda.

Doa sholat hajat

Lantas, bagaimana doa sholat hajat dan artinya yang harus dibacakan setelah melaksanakan ibadah sunnah yang satu ini? Dalam hal ini, setidaknya ada dua doa yang bisa di amalkan agar ibadah sunnah yang dilakukan mendapatkan ridho dan petunjuk.

Doa pertama yang dapat dibaca adalah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.”

Baca Juga  Doa Setelah Adzan dan Terjemahannya Lengkap

Sementara doa kedua adalah

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

artinya: “Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”

Kedua doa di atas merupakan doa yang disarankan untuk anda amalkan ketika melaksanakan sholat hajat demi tercapainya keinginan yang anda idamkan. Tentu saja, dalam hal ini, saat pembacaan doa tersebut perlu diiringi sifat yang khusyuk dan bersungguh-sungguh agar hajat yang diinginkan dapat segera tercapai.

Tidak disarankan anda mencari doa sholat untuk memenuhi hajat dalam bahasa latin yang lain karena hal tersebut akan mengurangi fadhilah dari ibadah yang dilakukan. Hal ini karena doa yang diajarkan untuk diamalkan adalah doa di atas.

Apakah ada jaminan bahwa hajat akan tercapai setelah sholat hajat?

Tentu kita tidak bisa memutuskan karena kekuatan terbesar adalah Allah SWT. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha. Hal yang perlu diketahui adalah selain melaksanakan sholat dalam memenuhi hajat, tentu saja kita perlu melakukan usaha dalam bentuk lain agar apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan maksimal.

Demikian beberapa pembahasan mengenai doa sholat hajat lengkap. Semoga dengan beberapa pilihan dari doa di atas, hajat atau keinginan yang menjadi mimpi dari kita dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.