Pilihan bahasa

Doa Untuk Orang Sakit Saat Menjenguk dan Doa Ketika Sakit

doa untuk orang sakit

doa untuk orang sakit

Sahabat pelajaranputih ketika kita sakit atau saat Menengok orang sakit atau yang biasa disebut sebagai menjenguk adalah kegiatan yang hukumnya sunnah di dalam islam. Menjenguk orang sakit dampaknya sangat besar untuk orang sakit tersebut. Mereka akan merasa lebih diperhatikan sehingga memiliki semangat yang lebih besar lagi untuk segera sembuh. Selain itu untuk orang yang menjenguk juga memiliki manfaat untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan juga membuat seseorang menjadi semakin mawas diri bahwa tidak selamanya orang akan tetap sehat.

Berikut berbagai macam doa yang berhubungan dengan sakit :

1.Doa Untuk Orang Sakit

Doa untuk orang sakit berbunyi seperti di berikut ini, “Allahumma rabbanasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas Syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughadiru saqomaa”.

Bacaan ini memiliki arti sebagai berikut, “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”.

2.Doa Menjenguk Orang Sakit

Untuk mendoakan orang yang sedang sakit juga bisa menggunakan tata cara doa seperti yang diriwayatkan oleh Abu Abdillah Utsman bin Abil Ash. Ia pernah menceritakan sakit yang tengah dideritanya kepada Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad lalu menjawab keluhan tersebut, “Letakkan tanganmu di atas bagian tubuhmu yang terasa sakit lalu bacakan “Bismillah” sebanyak 3 kali. Setelah itu lanjutkan dengan membacakan doa ini, “A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” sebanyak 7 kali. Doa ini memiliki arti “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

3.Doa Minta Kesembuhan dengan Sholawat Tibbil Qulub

doa untuk orang sakit

Sebagai seorang muslim, membaca sebuah sholawat dapat memberikan kita banyak sekali manfaat seperti kesembuhan.

Baca Juga  Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid Serta Keutamaannya

Anda dapat membaca sholawat tibbil qulub agar selalu diberikan kesehatan & terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang yang Menderita Sakit Parah

Baca doa berikut ini jika Anda memohon kesembuhan untuk orang yang sedang menderita sakit parah

doa untuk orang sakit

5.Doa Ketika Sakit, Doa Anak Sakit, dan Untuk Kesembuhan Orang Lain

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita tentang doa-doa kesembuhan yang dapat kita pergunakan untuk mendoakan diri kita sendiri atau orang lain yang sedang diberikan cobaan sakit agar diberi kesembuhan.

Doa untuk orang sakit

“Bismillah A’uudzu Bi’izzatillahi wa Qurdratihi Min Syarri Maa Ajidu wa Uhaadziru”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

6.Doa Sakit Gigi / Doa Sakit Kepala / Doa Sakit Perut

Perlu kamu pahami, setiap penyakit pasti terdapat obatnya. Salah satunya adalah dengan berdoa secara sungguh-sungguh.

Hal ini juga dapat berlaku untuk sakit gigi. Membaca lafal doa yg diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW merupakan salah satu keutamaan.

Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa berikut ini:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Letakkan tanganmu pada daerah yang terasa sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Pendapat Ulama Perihal Menjenguk Orang Sakit

Imam Nawawi mengatakan bahwa menjenguk orang sakit sifatnya adalah sunnah ijimak. Imam Bukhari mengatakan bahwa menjenguk orang sakit adalah suatu kewajiban bagi umat muslim untuk memberikan dukungan bagi orang yang sedang sakit tersebut. Di dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah dikatakan bahwa hak seorang muslim dari muslim yang lainnya adalah lima hal, dan salah satu dari kelima hal tersebut adalah menjenguk orang sakit.

Demikianlah informasi mengenai doa untuk orang sakit. Semoga informasi di atas bermanfaat.