Doa Ziarah Kubur dan Tata Caranya Sesuai Sunnah Rosul

Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur

Sahabat pelajaranputih ziarah kubur merupakan sunnah rosul yang dianjurkan bagi umat islam. Hal ini tidak asing lagi untuk dilakukan bagi sekelompok umat islam dengan tata cara yang beragam. Banyak ayat yang menganjurkan untuk melakukan ziarah kubur dengan tata caranya beserta doa-doa baik yang singkat maupun yang lengkap. Berikut berbagai macam doa ziarah kubur yang singkat untuk diamalkan.

Tata cara dan doa ziarah kubur

Melakukan ziarah kubur memiliki berbagai tata cara yang harus dilakukan bagi peziarah. Diantaranya adalah suci terlebih dahulu dari hadas kecil maupun besar. Selain itu, harus dengan niat karena Allah bukan untuk mengagungkan kubur agar terhindar dari musyrik (salah niat). Lalu, saat berziarah kita harus juga senantiasa khusyuk dan memusatkan segala doa kepada yang meninggal dunia. Berikut berbagai macam doa ziarah kubur singkat yang artinya:

“Ya Allah luaskan kuburan mereka, muliakan arwah mereka, sampaikan mereka pada ridho-MU, dan terangkan mereka dengan rahmat-Mu, rahmat yang menyambungkan kesendirian mereka, yang menghibur kesepian mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Dalam berziarah kubur ada berbagai macam kategori bacaan diantaranya adalah doa yang dibaca saat ziarah ke makam, doa ziarah kubur sesuai sunnah, doa ziarah kubur lengkap, bacaan doa ziarah kubur, dan doa ziarah wali. Dalam membaca doa saat ziarah ke makam, hal yang paling umum dilakukan adalah mengucapkan salam. Saat mengucap salam tujuannya adalah untuk menghormati para ahli kubur. Hal ini menunjukkan bahwa mereka yang telah meninggal bukan hanya jasad yang mati yang kita abaikan melainkan harus kita hormati keadaan alam ghaibnya.

Disamping itu, ada berbagai contoh doa ziarah kubur yang sesuai dengan sunnah. Doa ziarah kubur yang sesuai dengan sunnah Rasulullah saw adalah pertama mengucapkan salam, “Assalamu’alaika yaa ahlal kubur (ahla ad-dhiyaar)”. Kedua, membaca surat al qadr sebanyak 7 kali, alfatihah 3 kali, alfalaq 3 kali, annas 3 kali, al ikhlas 3 kali dan ayat kursi 3 kali. Ketiga, membaca doa-doa yang lain sesuai dengan kehendak para peziarah. Hal demikian adalah salah satu bentuk contoh bacaan dalam berdoa kepada para peziarah.

Baca Juga  Shalat Istikharah, Panduan Dan Cara Lengkap Dengan Do'a

Doa ziarah kubur lengkap

Berikut ini adalah contoh bacaan atau doa ziarah kubur dan apa saja yang harus dilakukan para peziarah dalam berdoa. Doa yang pertama adalah membaca surat yasin, al-fatihah, allohumaqhfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu. Lalu, membaca alikhlas sebanyak 3 kali alfalaq dan annas masing-masing 3 kali. Dan yang terakhir doa selamat.

Ketika seseorang berzirah atau datang ke kubur dengan niat untuk mendoakan kepada yang sudah meninggal, mereka akan membaca berbagai macam bacaan doa ziarah kubur. Bacaan doa ziarah kubur sangat beragam yaitu dengan memperbanyak doa-doa yang mengandung makna untuk mengampuni doa-doa para keluarga yang telah meninggal. Bacaannya meliputi doa meminta ampun dengan membaca “allohumaghfirlaha (lahu) warhamha (hu) wa’afiiha (hu) wa’fu’anha (hu)”. selain itu ditambahkan dengan alfatihah dan doa selamat.

Doa ziarah wali dan tata caranya

Tata cara yang dilakukan seseorang saat melakukan ziarah wali yang pertama adalah dengan berwudhu terlebih dahulu untuk menghilangkan hadas kecil yang melekat pada diri seseorang. Doa ziarah wali yang selanjutnya dilakukan adalah dengan mengirim al-fatihah yang ditujukan kepada nama wali yang diziarahi. Hal ini dimaksudkan untuk mencari keberkahan dan memohon pertolongan serta ampunan kepada wali agar kelak saat kita meninggal dunia mendapat hidayah dan syafaat dari para wali. Karena dalam berdoa kepada wali kita meminta pertolongan kepada Allah melalui para wali yang telah meninggal mendahului kita.

Selain itu ada berbagai bacaan atau doa ziarah kubur menurut islam. Maksudnya adalah sesuai dengan tata cara dan pedoman yang ada dalam Alqur’an dan hadits nabi. Diantaranya adalah membaca surat yasin dan alfatihah serta doa selamat dan doa yang ditujukan untuk memberi pengampunan kepada yang telah meninggal. Pedoman ini telah tertulis dalam hadits nabi saw.

Doa ziarah kubur yang selanjutnya adalah doa ziarah kubur menurut muhammadiyah. Menurut organisasi islam ini yang mereka lakukan adalah dengan berdoa mohon ampun kepada mereka yang telah meninggal dunia dan menyebar bunga ke pusara pemakaman dengan meletakkan tangan dikuburannya dan diakhiri dengan membaca doa lagi. Doa yang sering dibacakan adalah dengan membaca alfatihah, alikhlas, alfalaq, annas dan ayat kursi. Tujuannya adalah untuk tetap meminta ampunan kepada Allah yang ditujukan kepada mereka yang telah meninggal dunia.