Sholat Jenazah : Pengertian, Tata Cara, dan Doa yang Baik dan Benar

Sholat Jenazah

Sholat Jenazah

Sahabat pelajaranputih Islam merupakan agama yang sempurna. Pernyataan tersebut sangatlah beralasan, karena dalam ajaran agama ini semua kegiatan manusia di muka bumi telah terdapat aturan yang sangat jelas. Misalnya saja mengenai hubungan manusia dengan manusia lain, manusia dengan Allah SWT dan lain sebagainya. Salah satu ajaran dalam agama yang agung ini yaitu tentang sholat jenazah.

Mengenal Tentang Sholat Jenazah

Pada dasarnya, definisi sholat jenazah adalah sebuah sholat yang dilakukan terhadap orang dengan agama islam yang meninggal dunia. Dalam ajaran agama islam ini, sholat ini termasuk salah satu ibadah yang hukum fardu kifayah, dimana apabila sudah ada sebagian orang yang mengerjakan, maka gugurlah kewajiban tersebut. Akan tetapi apabila ada yang mensholatkan lagi jenazah yang telah dishalatkan sebelum, maka hukumnya tetap boleh.

Untuk tata cara sholat jenazah pun tidak begitu sulit. Kaum muslimin yang ingin menyolatkan jenazah tinggal menghadap jenazah tersebut. Gerakan sholat ini diawali takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam sebuah sholat jenazah tidak terdapat gerak ruku’ dan sujud, sehingga orang yang mensholatkan jenazah tersebut tinggal berdiri saja.

Sholat jenazah ini termasuk jenis ibadah yang terdapat aturan dalam mengerjakannya. Jenis ibadah yang satu ini memiliki bacaan dan doa sholat mayit tersendiri yang berbeda dari sholat wajib biasa. Dengan demikian, maka setiap orang yang beragama islam diharapkan mampu untuk melakukan jenis sholat yang satu ini.

Walaupun sholat jenazah ini akan tergolong sebuah ibadah yang hukumnya wajib, akan tetapi sebagai seorang muslimin harus mampu untuk melaksanakannya. Sholat ini memiliki keutamaan – keutamaan bagai kaum muslimin yang melaksanakannya. Hal ini sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari no. 1325 dan Muslim no. 945)

Dalam hadist riwata Bukhari tersebut telah diterangkan secara gamblang tentang keutamaan atau pahala orang yang melaksanakan sholat jenazah tersebut. orang yang melaksanakan ibadah berhukum fardu kifayah ini akan mendapat pahala sebanyak 1 qirot. Dan jika orang mukmin tersebut turut serta mengantarkan si mayit sampai pemakaman, maka ia mendapat pahala 1 qirot lagi. Pada hadist ini juga menjelaskan bahwa 1 qirot itu ibarat sebuah gunung yang berukuran besar.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Jenazah

Pada dasarnya, sholat jenazah memiliki kemiripan dengan sholat pada umumnya. Ibadah yang satu ini diawali dengan niat dan rukun sholat jenazah. Niat merupakan hal yang pertama kali dilakukan sebelum memulai sholat . Sebuah niat sholat jenazah ini bisa di ucapkan secara lisan maupun dalam hati saja.

Baca Juga  Sholat Tasbih Yang Memiliki Keutamaan Luar Biasa

Adapun rukun dari sholat jenazah merupakan suatu urutan dalam ibadah fardu kifayah ini, yaitu niat, takbir 4 kali, berdiri bagi yang mampu, membaca Al fatihah, membaca sholawat nabi, membaca dua untuk mayit, dan diakhiri salam. Rukun ini berlaku untuk laki – laki maupun perempuan.

Untuk urusan doa, terdapat perbedaan sedikit antara doa jenazah perempuan dan laki – laki. untuk mayit perempuan biasnya berakhiran vocal “a” dan untuk mayit laki – laki digantoi bervokal “u”. perbedaan ini hanya untuk menunujukkan jenis dari kelamin si mayit tersebut.

Dalam sebuah ibadah yang dikerjakan jika terdapat umat islam yang meninggal dunia ini juga terdapat tata caranya. Di dalam aturan agama islam, sholat mayit ini harus sesuai dengan yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, maka wajib menjalankannya sesuai tata cara sholat jenazah menurut sunnah.

Untuk prakteknya, tata cara menyolatkan jenazah perempuan maupun laki – laki hampir sama. Jika yang disholati jenazah perempuan, maka imam sholat harus menghadap kearah lambung mayit tadi. Apabila jenazahny laki – laki, maka imam menghadap kepala si mayit.

Adapun untuk urutan sholat jenazah ini pun sangat mudah. Berikut ini urutan untuk sholat jenazah yang perlu diketahui.

  1. Niat

Pada bagian ini, anda bisa melafal niat tersebut atau hanya membacanya didalam hati saja.

  1. Takbir pertama

Setelah niat, langkah berikutnya takbir dan dilanjut membaca surah Al Fatihah.

  1. Takbir kedua

Saat takbir kedua ini, dianjurkan untuk membaca sholawat nabi.

  1. Takbir

Di bagian ini. Dianjurkan untuk membaca doa bagi si mayit, doanya adalah sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

  1. Takbir keempat dan salam

Demikianlah ulasan singkat tentang sholat jenazah. Dengan adanya pembahasan tentang ibadah yang satu ini, maka diharapkan dapat membantu umat mulsim dalam menerapkannya di kehidupan masing – masing. Selain itu, dengan menguasai sholat ini,maka akan membantu kaum muslimin dalam menggapai keutamaan yang Allah berikan lewat ibadah fardu kifayah tersebut.